Tentang PUTI

Merupakan bagian dari Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Bandung.

Infrastruktur transportasi dipilih mengingat sejak tahun 2007 di Jurusan Teknik Sipil Polban telah terselenggara program studi Diploma IV Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan (TPJJ) serta saat ini telah dibuka program studi Magister Terapan Rekayasa Infrastruktur (MTRI).

Tahap awal pusat unggulan teknologi akan fokus pada infrastruktur transportasi bidang jalan yang berwawasan lingkungan. Termasuk di dalamnya adalah teknologi konstruksi dan pemeliharaan jalan dan jembatan, baik jalan raya maupun jalan kereta api, yang merupakan infrastruktur kunci yang dibutuhkan untuk keberhasilan Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Pusat Unggulan Teknologi Infrastruktur (PUTI) bergerak dalam bidang :

  1. Penelitian Terapan,
  2. Konsultasi dan Inspeksi,
  3. Pelatihan Teknis,
  4. Sertifikasi yang terfokus dalam perawatan jalan dan jembatan berwawasan lingkungan, dan
  5. Edukasi Masyarakat.

Tujuan Utama PUTI

Berikut ini merupakan tujuan utama dari berdirinya PUTI

Pusat Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan

Sebagai pusat pengembangan pendidikan dan pelatihan disamping fungsi pendidikan yang secara regular telah dilakukan, serta pusat pelayanan konsultasi teknologi.

 Outcome

Secara kontinyu menghasilkan dan meningkatkan keahlian bidang infrastruktur Indonesia. Pendidikan dan pelatihan akan difokuskan untuk pengembangan tenaga pendidik maupun tenaga professional.

Pusat Riset Terapan Mutakhir

Sebagai pusat riset terapan mutakhir (cutting edge researchs), mendukung program studi TPJJ dan MTRI dan sesuai dengan Rencana Induk Penelitian Politeknik Negeri Bandung tahun 2012 – 2016.

 Outcome

Memberikan kontribusi langsung dalam problem solving perrmasalahan teknologi konstruksi di lapangan maupun kajian pemeliharan pada infrastruktur yang ada maupun yang akan dibangun. Dengan keberadaan PUTI ini diharapkan kemajuan teknologi konstruksi infrastruktur akan semakin innovative dan akurat sehingga meningkatkan kualitas sumberdaya manusia nasional dan daya saing internasional, terutama untuk pasar Asia Tenggara dan Timur Tengah.

Visi, Misi, Organisasi, dan Moto PUTI

Berikut ini merupakan visi, misi, struktur organisasi dan moto PUTI

Organizational

Visi

Menjadi Pusat Studi Infrastruktur yang unggul , terdepan, inovatif dan adaptif dalam bidang infrastruktur jalan yang berwawasan lingkungan

Misi

  • Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi konstruksi perawatan perbaikan infrastruktur jalan berwawasan lingkungan, melalui penelitian dan pengabdian masyarakat, kerjasama dengan industri, pemerintah daerah serta sektor swasta,
  • Melayani populasi siswa yang beragam melalui program pembelajaran untuk menjadi ahli teknik masa datang yang kompeten, inovative, kreatif dan berwawasan lingkungan, dan ,
  • memperkaya komunitas teknik sipil melalui transfer teknologi .

Motto

GREENER, SAFER, SMARTER

Fasilitas Pendukung PUTI

Berikut ini merupakan fasilitas-fasilitas sebagai pendukung kinerja PUTI

  • Laboratorium Uji Bahan
  • Laboratorium Tanah
  • Laboratorium Hidrolika
  • Laboratorium Transportasi

Chlorimeter chloride field test system ; Corrosion Cor-MapII ; e-Spott Asphalt Highways ; Non Nuclear Asphalt Density Gauge ; Pendulum skid tester ; Pile Integrated test - FV, W Professional, S ; Resistivity Meter for Concrete ; Roughometer III ;